Rahasia Selling Skill Yang Wajib Dimiliki Sales Yang Sukses, Baik dan Benar

Instanblogging - Hi sobat instan blogging blogger Indonesia, salam sukses. Beda dengan biasanya dimana saya menulis artikel tentang tutorial blog, tutorial yutube, rahasia sukses meraih dollar dengan google adsesen dan tetek bengeknya, artikel kali ini sepertinya akan sedikit melenceng dari dunia internet marketing tapi masih seputar marketing.

Rahasia Selling Skill Yang Wajib Dimiliki Sales Yang Sukses
Rahasia Selling Skill Yang Wajib Dimiliki Sales Yang Sukses
Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang "rahasia selling skill yang wajib dimiliki sales yang sukses, baik dan benar", panjang ya judulnya hehehehe . . .

Mungkin diantara teman-teman ada yang sedang mencari info bagaimana cara menjadi sales yang hebat, cara menjadi sales yang handal, cara menjadi sales yang sukses, cara menjadi sales ini, cara menjadi sales itu, nah disini kita akan membagikan rahasianya.

Inspirasi saya membuat artikel ini adalah salah satu jawaban di Quora dari pertanyaan apa pelajaran pertama yang harus di pelajari saat menjadi seorang penjual. Kalau ada yang bertanya penjual dengan sales emang sama? ya sama saja kan ya, tugasnya memasarkan suatu produk agar konsumen membeli produk tersebut.

Skill untuk menjadi sales sukses yang harus di miliki, atau basic yang harus dimiliki oleh seorang sales. Berikut ini adalah jurus sakti menjadi sales yang hebat:

Stop Talking, Star Listening
 
Ini kunci sukses menjadi sales jempolan, kenapa?

Kebanyakan penjual atau marketing itu adalah mereka bukan sekedar menjual produk yang mereka miliki, tetapi menciptakan atau memberikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Sebut saja gojek menjawab kebutuhan transportasi murah dengan kejelasan harga di saat maaf ojek pangkalan ada yang sering getok tarif ojek gila-gilaan, dan hasilnya apa? sukses!

Kemudian rahasia sukses shopee, bukalapak dan marketplace lainnya juga sama menjawab kebutuhan konsumen. Ok, kembali lagi ke topik.

Sales yang baik bukanlah saleh yang ahli berbicara tapi sales yang ahli mendengarkan.

Diceritakan oleh si penulis ketika sedang berjalan- jalan ke sebuah mall, sang ayah berhenti untuk melihat-melihat koper kemudian seorang sales menghampiri dan menjelaskan tentang koper model terbaru dengan teknologi paling mutakhir.

"Ini keren pak. Tahan banting dan kapasitasnya besar, cocok untuk bepergian selama seminggu lebih." Namun apa yang terjadi, ayahnya diam tidak merespon.

Si sales kembali menjelaskan "Yang ini juga pak luar biasa. Bentukanya unik banget jadi gampang di cari kalau di bandara." Namun ayahnya tetap diam, hal itu berlangsung hingga 5 menit hingga sang ayah menghampiri si penulis .

"Nak, itu contoh sales yang tidak baik."

"Kenapa pa?" tanya si penulis.

"Dia capek-capek ngejelasin sampai berbusa tentang kopernyalah, promosinya lah, padahal papa gak aa niatan sama sekali untuk membeli koper."

"Harusnya dia gimana dong?" Tanya si penulis lagi

"Gampang, dia harusnya bertanya saja. 'Sore pak, sedang mencari koper yang seperti apa? Ada yang bisa saya bantu?' capek kan dia ngejelasin sampai mulutnya berbusa padahal papa bukan potential client."

"Padahal liat-liat koper doang ya pa, hahahaha." timpal si penulis.

"Makanya, harunya dia tanyain dulu kebutuhan papa apa, pas papa jawab baru deh dia bisa jualan produk yang sesuai." Ujar sang ayah.

Dilanjutkan kata-kata yang perlu di mengerti oleh seorang sales atau penjual "Seorang sales itu seharusnya banyak tanya, bukan banyak ngomong."

Dari cerita tersebut dapat ditarik manfaat bahwa dalam memasarkan produk atau barang atau jasa, jangan fokus pada menawarkan barang apa saja yang kita punya dan keunggulan, produk apa saja yang kita punya dan keunggulannya, jasa apa saja yang kita punya dan keunggulannya, bukan itu.

Tetapi fokus pada apa yang pembeli atau konsumen butuhkan, lalu tawarkan produk, barang atau jasa yang kita miliki dengan keunggulannya yang sesuai dengan kebutuhan si konsumen tersebut.
Selain itu, dari pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Skill yang wajib dimiliki seorang sales atau penjual adalah "Skill Bertanya".

Lalu skill bertanya ini maksudnya bagaimana?, jadi anda harus menegerti tentang tipe-tipe pertanyaan dan bagaimana saat menjelaskan cara menggunakannya untuk mendapatkan informasi berharga.

Misalnya dia sedang mencari barang apa, spesifikasinya bagaimana, penggunaanya untuk apa, budget yang disiapkan berapa, keunggulan yang di inginkan seperti apa, dsb.

Beru setelah informasi berharga tersebut barulah anda boleh menjelaskan tentang produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Sebelum itu, tentuny HARAM hukumnya menjelaskan tentang produk.

Jangan sampai kamu sudah-susah menawarkan smartphone tapi yang dicari fitur phone, jangan sampai kamu sudah cape-cape menawarkan oppo padahal dia inginya Iphone, dan jangan sampai kamu menawarkan barang dengan harga 5 jutaan padahal dia bisa butuh dan bisa membeli barang dengan harga 20 jutaan.

Tentu ini sangat merugikan, effort yang kita keluarkan tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan. Mungkin inilah yang membuat pepatah tentang "Hasil tak pernah menghianati usaha" jadi terpatahkan.

Lalu kalau ada yang bertanya, loh skill yang wajib dimiliki oleh seorang sales kan publik speaking agara tidak terbata-bata saat menjelaskan produk yang ditawarkan.

Ya, Publik speaking jelas perlu karena itu dasarnya sehingga kalian juga harus belajar cara berbicara menjadi sales. Jangan sampai kalian sebagai seorang sales atau penjual tapi public speaking nya jelek dan tidak bisa menyampaikan apa yang ingin anda sampaikn tentang produk tersebut.

Mungkin sekian saja semoga artikel ini bermanfaat dan anda dapat menjadi sales sukses dunia, walaupun sekarang masih menjadi sales pemula dan baru memenuhi beberapa syarat menjadi sales marketing. Dengan berusaha, Insya'Allah anda pasti bisa!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Rahasia Selling Skill Yang Wajib Dimiliki Sales Yang Sukses, Baik dan Benar"

Post a Comment