Apa Itu Blog? Bagaimana Cara Membuat Gratis Dan Menghasilkan Uang Lewat Blog

Instan Blogging - Pada aritkel kali ini saya akan membahas tentang "Apa Itu Blog Serta Bagaimana Cara Membuat Dan Menghasilan Uang Lewat Blog". Saya sering searching - searching di google dan berkeliling - keliling ke berbagai forum internet baik di web, community google+ maupun facebook group banyak yang bertanya seperti:

Apa Itu Blog?

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Bisakah Blog Menghasilkan Uang?

Bagaimana Sih Cara Mendapatkan Uang Lewat Blog? dan pentanyaan selanjutnya silahkan tuliskan di kolom komentar apabila ada yang ingin berntanya tentang apapun kemdudian nanti bisa kita diskusikan bagaimana mengatasinya karena saya pun masih belajar ngeblog seperti teman-teman semua bahkan mungkin banyak yang sudah lebih expert dari saya diantara teman-teman semua, karena pertanyaan tentang blog ini akan selalu ada bahkan untuk blogger yang sudah sukses dan malang melintang di dunia per-bogger-an. OKey langsung kita bahas saja satu persatu yah mulai dari yang pertama:

Apa Itu Blog?

Apa Itu Blog Serta Bagaimana Cara Membuat Dan Menghasilan Uang Lewat Blog

Mungkin diantara teman-teman banyak yang bertanya tentang hal ini tetapi yang sebenarnya teman-teman sudah mengetahui apa itu blog baik dari sekedar mendengar bahkan saya yakin adan sering melihat dan memanfaatkannya terutama bagi anda yang sering berselancar di dunia maya.

Kalau kalian searching Google sudah banyak sekali artikel yang mengupas tentang apa itu blog, oleh karena itu kita disini akan membahas simple nya saja.

Jadi, Blog adalah salah satu jenis website, sedangkan website sendiri adalah halaman informasi tentang berbagai hal yang tersedia melalui jaringan internet. Website sendiri ada berbagai macam jenisnya, berikut jenis-jenis website di Internet:

1. Website Portal Berita, Misalnya: Goal.com yang menyuguhkan berita bola, Detik.com yang berisi berita terkini tentang berbagai peristiwa dan hal di dunia atau yang dari luar negeri Dailymail.co.uk yang mebahas berbagai hal di dunia baik dari hiburan maupun peristiwa.

2. Social Media, untuk website social media saya yakin anda sudah tidak asing lagi karena mungkin sudah banyak yang menggunakannya misalnya: facebook.com ataupun twitter.

3. Website Toko Online, ada yang suka berbelanja online? pasti sudah tidak asing dong dengan lazada.com, ini adalah salah satu website toko online. Ada juga mataharimall.com atau yang terkenal di duni ada amazon.com ataupun ebay.com.

4. Website forum, untuk jenis ini mungkin anda ada yang sudah tau kaskus.co.id? itu adalah salah satu website forum internet yang paling terkenal di Indonesia.

5. Website Blog atau Blog, ini adalah yang akan kita bahas yah teman-teman. Untuk contohnya ya salah satunya Blog saya ini INSTANBLOGGING.BLOGSPOT.COM atau salah satu blog yang sudah banyak dikenal misalnya Sugeng.id milik mas sugeng riyadi.

sudah kita bahas lima saja yah contoh jenisnya karena masih banyak lagi yang lainnya mulai dari website instansi pemerintah, website resmi sekolah atau website resmi universitas, DLL.

Bagaimana Cara Membuat Blog?

cara membuat blog cukup mudah, jadi jangan bayangkan ribetnya karena itu aka membuat kamu putus asa dalam membuat blog. Mempelajari dunia blogging bukan hal yang sukar untuk dilakukan karena faktanya banyak yang berpendidikan minim pun bisa sukses di dunia blog, sebut saja blogger sukses indonesia asal karanganyar bernama Eka Lesmana yang lulusan SMP dan dulunya seorang peng-angon bebek ataupun mas Sugeng Riyadi yang juga lulusan SMP bisa sukses karena ketekunan dan kemaunnya belajar ngeblog.

Langkah awal dalam buat blog adalah menentukan niche blog teman-teman, kalau belum tau apa itu niche blog itu sama halnya seperti penjelasan tentang website yang memiliki berbagai jenis blog juga ada jenis-jenisnya yang di tentukan dari niche atau tema bahasan yang kalian akan angkat. Macam-macam niche blog sendiri ada banyak seperti halnya website mulai dari tentang tutorial blog, youtube dan internet marketing seperti saya ini ataupun blog berita bahkan ada yang gado-gado. Semua itu sah-sah saja tergantung si penulis blog itu sendiri asal tidak melanggar TOS yang ada.

Dalam membuat blog kalian membutuhkan yang namanya penyedia blog, dimana penyedia blog ini ada yang gratisan maupun berbayar. Contoh penyedia blog gratisan yang populer adalah Blogpsot (Blogger.com) dan Wordpress.com atau yang lumayan baru WIX.com dan masih banyak lagi yang lainnya. Saran saya kalau anda baru akan belajar blog maka gunakanlah blogspot apalagi untuk yang ingin menghasilkan uang lewat google adsense, blogspot pilihan tepat dan gratis serta sudah terintegrasi karena sama-sama milik google jadi tidak perlu lagi yang namanya pasang TLD Domain (Yang ini akan di bahas di artikel lain).

Sampai disini ketika anda akan membuat blog tinggal buka situs penyedia layanan blog misalnya disini kita menggunakan blogger.com kemudian daftar blog baru ikuti langkahnya sampai selesai (Langkah membuat blog di blogspot bisa di baca disini:#########).

Penjelasan apa itu blog sudah, cara membuat blog juga sudah sekarang menginjak ke bahasan yang ketiga: Bisakah Blog Menghasilkan Uang? jawabannya BISA!

Sudah itu saja jawabanya langsung lanjut ke pokok bahasan yang keempat:

Bagaimana Sih Cara Mendapatkan Uang Lewat Blog?

Untuk yang poin ini pasti banyak yang mencarinya nih pasti karena nyatanya selain sekedar untuk mempublish tulisan atau catatan-catatan pribadi, para pembuat blog juga banyak yang membuat blog karena ingin menghasilkan uang lewat internet.

Dalam menghasilkan uang dengan blog ini ada berbagai macam caranya, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjual barang atau jasa

Menghasilkan unag lewat internet dengan menggunakan blog salah satunya bisa dengan menawarkan barang ataupun jasa milik kita baik itu pakaian ataupun paket wisata dan blog sebagai tempat menawarkannya atau bisa dibilang lapak online.

2. Menjadi reviewer blog

Membuat blog sebagai tempat untuk mereview film, reviewer produk, ataupun reviewer tempat wisata. Menjadi reviewer bisa menghasilkan uang karena terkadang ada yang memberikan kita imbalan besar jika kita bersedia mereview sesuatu dari seseorang apalagi jika blog kita sudah terkenal dan sering bertengger di page one google search maka bayaran yang akan kita terima tinggi.

3. Iklan (Advertisement)

Iklan ini ada berbagai macamnya, sebut saja popads, adf.ly ataupun yang paling terkenal dan banyak diminati yaitu google Adsense. Kita akan mendapatkan bayaran dari iklan yang tampil di blog kita, yang besarannya tergantung dari jumlah visitor dan yang melihat iklan di blog yang artinya semakin blog kita terkenal dan memiliki nama maka semakin tinggi tentunya.

Sudah panjang lebar ternyata, jadi saya cukupkan untuk artikel kali ini membahas tentang apa itu blog dan cara mendapatkan uang lewat blog-nya. Apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar untuk kita diskusikan. Karena ada pepatah yang mengatakan sampaikanlah walau satu ayat :). Happy Blogging. (-Tes-)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Itu Blog? Bagaimana Cara Membuat Gratis Dan Menghasilkan Uang Lewat Blog"

Post a Comment