Cara Meningkatkan Minat Baca


Instan Blogging - Membaca itu ibarat menambang, semakin dalam semakin banyak hal berharga yang didapati. Itu adalah sepenggal quote tentang membaca dari Jeny Karay. Jika di ibaratkan, buku adalah jendela dunia semakin banyak buku anda baca maka semakin banyak anda tahu tentang dunia ini. Namun dewasa ini minat baca terutama di Indonesia ini semakin hari semakin menurut saja apalagi dengan mulai hadirnya gadget. Lalu sebenarnya bagaimana cara meningkatkan minat baca itu?.
Cara Meningkatkan Minat Baca
Cara Meningkatkan Minat Baca
Dari segi infrastruktur, maka perlu adanya fasilitas penunjang membaca seperti perpustakaan sebegai bentuk akses masyarakat terhadap buku. Sebenarnya akses buku sendiri sudah lebih baik karena dari tahun ke tahun dari segi jumlah buku semakin bertambah dan juga koleksinya pun semakin beragam.

Walaupun begitu, perpustakaan disini hanyalah tempat dan fasilitas umum yang tidak mungkin berkembang ketika minat baca kita sebagai pengguna tidak berubah. Hal itu tidak akan pernah berarti selagi kita masih enggan melangkah dan bercengkrama di perpustakaan. Bisa jadi selamanya perpustakaan hanya akan jadi fasilitas umum yang sepi pengunjung.

Perlu adanya keinginan dan manajemen waktu dari diri kita pribadi untuk memaksimalkan semua itu, dimana hal ini sepertinya masih belum terbentuk secara baik. Sebagai bentu upaya untuk membantu pemerataan informasi dan literasi, kita juga harus turut andil dan berkontribusi untik mengajak rekan maupun kolega untuk ikut memanfaatkannya.

Kita patut bersyukur bahwa semakin kesini, semakin banyak komunitas non-formal yang berkembang di berbagai daerah dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Semoga dengan keterlibatan masyarakat sipil dalam pengembangan literasi ini turut membuat kesadaran akan membaca pada diri kita bertambah pesat seiring dengan perkembangan zaman yang semakin tidak terbendung lagi.

Bahwasanya, pasar tak pernah salah. Begitupula dengan konsumen juga tak pernah salah.

Jika kita adalah seorang penulis dan ingin menjual atau memasarkan buku karya tulisan kita, tentu kita wajib menulis buku sesuai dengan keinginan pasar.

Minat baca yang rendah, akan meningkat jika orang mulai menyadari manfaat membaca.

Membaca akan menambah pengetahuan, membuat posisi seseorang menjadi lebih menguntungkan. 

Membaca perlu dibiasakan, sedikit-sedikit mulai membaca lama-kelamaan bacaannya yang naik level baik kualitas maupun kuantitasnya.

Berikut ini adalah 5 Tips Cara Meningkatkan Minat Membaca

1. Pilih bahan bacaan yang light dulu, jangan ambil bacaan yang langsung tebal dan berat. Karena bukannya akan suka membaca, yang ada kamu justru akan kapok untuk membaca lagi.

2. Meningkatkan minat baca bisa dengan mencoba memilih jenis komik atau cerita yang bergambar untuk dibaca, baru kemudian novel lalu jenis-jenis bacaan lainnya. Terkadang, untuk orang yang tidak terbiasa membaca, begitu membaca bacaan misalnya novel atau yang berat - berat akan langsung mudah ngantuk atau bosan.

3. Pilih bacaan yang sesuai genre dengan apa yang anda suka. Hal ini akan menaikan tingakat interest anda saat akan membaca, selain itu dengan membaca genre yang anda suka akan membuat anda semakin semangat membaca.

4. Bacalah buku sambil selonjoran, atau duduk santai sesuai dengan kenyamanan anda, jangan duduk tegak. Dengan begini, maka bacaannya akan jadi terasa enak.

5. Pilih jenis buku dengan gambar dan warna cover yang eye catching dan menarik. Karena terkadang warna dan gambar dari sebuah sampul buku dapat membangkitkan mood orang untuk membuka buku lho . . .

Mah itu dia sekelumit tentang cara meningkatkan minat membaca, ingat "buku adalah jendela dunia". Jika ingin melihat dunia lebih luas maka banyak-banyaklah membaca ya guys.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Meningkatkan Minat Baca"

Post a Comment