Panduan Lengkap Cara Memasang Kode Iklan Adsense di Blog

Instan Blogging - Hallo sob pada kesempatan kali ini mimin mau share Cara pasang kode unit iklan adsense di blog. Saya berani memposting artikel tentang cara memasang iklan adsense di blog ini karena saya sudah mempraktekan sendiri, sehingga saya berani untuk membagikannya agar bisa saling berbagi sesama blogger indonesia yang sedang berjuang menjadi adsense publisher. Alasan lainnya adalah karena ada rekan sesama blogger yang menanyakan tentang cara memasang iklan adsense di bawah judul, di tengah artikel dan di akhir artikel postingan jadi sekalian saja saya buat artikel tutorial blogger nya.

Penempatan kode iklan adsense sebenarnya bisa di tempatkan dimana saja disesuaikan dengan desain template blog yang sobat gunakan. Akan tetapi, ada posisi - posisi yang memang merupakan lokasi strategis untuk penempatan iklan adsense yang dapat meningkatkan penghasilan.

Sebanarnya cara memaksimalkan pendapatan adsense kembali lagi ke kita sebagai sebagai pemilik blog untuk mengerti dimana penempatan iklan adsense yang berpotensi meningkatkan penghasilan publisher. Saya memiliki pengalaman bahwa iklan yang berdampingan dengan artikel lebih berpotensi mendatangkan pundi - pundi dollar, salah satunya adalah iklan di tengah artikel. Untuk itulah disini saya akan membagikan cara menempatkan iklan di blog, yuk disimak.

Pertama login ke akun google adsense kemudian pilih iklan saya untuk mendapatkan kode unik iklan adsense, sambil menyesuaikan ukuran serta jenis iklan apa yang akan di terapkan di blog. Disini sobat bisa memilih ukuran iklan dimana anda bisa memilih jenis ikan sesuai dengan desain template blog mulai dari yang horizontal, kotak persegi, vertikal, serta responsive, anda bisa memilih salah satunya tapi kalau saran saya bisa gunakan jenis responsive karena akan langsung menyesuaikan sendiri dengan desain blog.

Selain bentuk dan ukuran iklan, adan juga bisa memilih jenis iklan gambar dan teks, atau gambar saja atau teks saja sesuai pilihan anda. Setelah jenis iklan ada juga warna dari desain iklan adsense, pada pilihan ini usahakan menyesuaikan warna template dari blog anda atau bisa pilih yang default saja.

Terakhir tinggal klik klik simpan lalu anda akan mendapatakan kode iklan adsense nya. Dalam satu blog anda bisa membuat beberapa kode iklan tetapi bisa juga satu script iklan untuk semua posisi dengan catatan pilih bentuk iklan responsive agar dapat menyesuaikan dengan sendirinya. Setelah kode iklan adsense di dapat langkah selanjutnya adalah memasang kode iklan adsense pada template blog. Dibawah ini ada beberapa refrensi yang penempatan ikan yang sering dipakai oleh blogger terkenal:
Panduan Lengkap Cara Memasang Kode Iklan Adsense di Blog
Panduan Lengkap Cara Memasang Kode Iklan Adsense di Blog
Gambar diatas menunjukan berbagai strategi penempatan iklan adsense di blog dalam rangka meningkatkan pendatan adsense. Berikut ini tutorial dasar pemasangan iklan adsense di blog untuk dapat diaplikasikan seperti diatas sesuai dengan keinginan sobat.

1. Cara memasang Iklan adsense di Header, Sidebar dan Footer

Sobat dapat meletakkan iklan adsense pada sidebar, header, hingga footer dari template blog sobat. Semantara itu untuk pemasangan iklan adsense nya bisa dilakukan secara langsung lewat widget.

Caranya:
- Masuk ke dashboard blogger
- Pilih tata letak
- Tambahkan gadget
- Selanjutnya pilih “gadget lalu klik “HTML/Javascript”
- Tempatkan kode unit iklan yang sudah sobat dapatkan sebelumnya
- Terakhir tinggal klik simpan.

2. Cara memasang Iklan adsense di bawah judul postingan

Selain pada header, widget dan footer anda juga bisa meletakkan iklan adsense di dalam postingan blog. Nah yang pertama kita akan jelaskan adalah cara memasang iklan adsense di bawah judul artikel blog, penempatan ikan ini akan membaur dengan teks postingan serta sesuai selera sobat juga dapat memasang iklan adsense dipojok kiri atas artikel, memasang iklan adsense dipojok kanan atas artikel ataupun memasang iklan adsense ditengah atas artikel,.

Untuk pemasangan kali ini karena melalui edit Html template maka anda harus memparse kode iklan adsense terlebih dahulu agar tidak terjadi error saat akan menyimpan template (untuk memparse  kode iklan adsense bisa KLIK DISINI). Untuk langkahnya bisa disimak dibawah ini:

- Masuk ke dashboard blogger 
- Klik Template lalu pilih edit HTML
- Cari kode  untuk mempercepat pencarian bisa gunakan CTRL+F
Dalam Html template blog ada beberapa tag bisa 2 bahkan 3 kode dalam satu template. Anda bisa pilih tag  ke 2 ataupun ke 3 atau bisa juga di coba satu - satu. Selanjutnya letakan kode script dibawah ini tepat diatas tag
left
;padding-right:10px;’> kode iklan anda yang sudah diparse
3. Cara Memasang Iklan di Tengah postingan

Cara pemasangannya adalah sebagai berikut:

- Siapkan kode iklan yang sudah di parse terlebih dahulu
- Masuk ke dashboard blogger 
- Klik Template dan pilih edit HTML
- Cari kode , yang menampilkan halaman posting yah sob bukan homepage. Biasanya sih kalau bukan yang ke-2 ya yang ke-3. Contohnya bisa dilihat di bawah ini:


Tambahkan kode
tepat diatas di kode tersebut diikuti kode
di bawah setelah kode tersebut. Jadinya seperti ini:

Kemudian cari kode
lalu letakkan kode di berikut tepat di atas

 
 
Kode iklan yang sudah di parse   

Jangan lupa untuk melakukan pratinjau terlebih dahulu agar tampilannya bisa sesuai yang sobat inginkan. Oh iya, kerjakan hal ini secara hati hati, karena kemungkinan adanya gambar di tengah-tengah postingan ajan menyebabkan terjadinya “bentrok” antara gambar dengan kode iklan dengan gambar yang dapat menyebabkan error script.
3. Cara Memasang Iklan di Bawah postingan

Cara pemasangannya adalah sebagai berikut:

- Siapkan kode iklan yang sudah di parse terlebih dahulu
- Masuk ke dashboard blogger 
- Klik Template dan pilih edit HTML
- Cari kode untuk mempercepat bisa menggunakan CTRL+F, yang menampilkan halaman posting yah sob bukan homepage. Biasanya sih kalau bukan yang ke-2 ya yang ke-3. Contohnya bisa dilihat di bawah ini:
- Selanjutnya pasang kode dibawah ini tepat dibawah tag kode .
Kode iklan yang sudah di parse
Dalam pemasangannya baik diatas, ditengah maupun dibawah postingan, sobat bisa mengatur posisi iklan apakah di kiri, kanan atau tengah dengan mengikuti panduan berikut ini:
1. Untuk memasang iklan adsense di kiri atas artikel, sobat bisa menambahkan left
2. Untuk memasang iklan adsense di kiri atas artikel, sobat bisa menambahkan right
3. Untuk memasang iklan adsense di tengah atas artikel, sobat bisa menambahkan center 
Terakhir jangan lupa “Pratinjau “  terlbeih dahulu sebelum di simpan untuk jaga-jaga sudah sesuai keinginan atau belum.

Jangan lupa untuk membackup terlebih dahulu template blog yang ada agar jika terjadi error akan mudah untuk mengembalikannya kesedia kala. Terakhir semoga bermanfaat apabila ada yang belum paham atau ada yang error bisa tuliskan di kolom komentar, selamat mencoba :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Panduan Lengkap Cara Memasang Kode Iklan Adsense di Blog"

Post a Comment