Apakah Google Akan Lebih Memprioritaskan Youtube dibanding Blog di Percarian?


Instan Blogging - Hhalo sobat blogger Indonesia, mungkin banyak yang penasaran nih dalam beberapa waktu belakangan ini pencarian di google beberapa menempatkan video di pageone dibanding artikel sehingga muncul pertanyaan apakah google akan lebih memprioritaskan youtube dibanding blog di pencarian?.

Berikut ini hasil pencarian yang terjadi saat saya menuliskan kata "grebek rumah"

Apakah Google Akan Lebih Memprioritaskan Youtube dibanding Blog di Percarian?
Apakah Google Akan Lebih Memprioritaskan Youtube dibanding Blog di Percarian?

Apakah youtube lebih memprioritaskan youtube dibanding blog?, mungkin iya jika melihat hasil pencarian diatas. Namu hal ini bukan serta merta karena demikian, sebab ada faktor penting yang mempengaruhi hasil pencarian di internet sehingga yang terjadi sebenarnya kamu tidak akan selalu melihat hasil pencarian seperti apa yang terjadi pada gambar di atas.

Memang, jika kita melakukan pencarian di Google Search dalam beberapa waktu belakang ini kita akan melihat bahwa sekarang banyak video yang ditampilkan sebagai hasil pencarian utama di google.

Adapun selain dalam bentuk tampilan seperti pada gambar di atas, biasanya google juga menampilkan dalam kotak yang kontennya dapat digeser ke kanan atau ke kiri seperti Top Stories.

“Kenapa hasil pencarian google munculnya video bukannya artikel dari blog/situs?”

Hal ini terjadi karena Google mengetahui bahwa kebutuhan pengguna tidak hanya membutuhkan konten informasi dalam bentuk tulisan saja, melainkan juga konten dalam bentuk video pendukung guna menjawab pertanyaan - pertanyaan yang ada.

Lalu sebenarnya, seberapa sering video YouTube akan mendominasi hasil pencarian di Google Search?

Walaupun hal itu merupakan sebuah kerugian besar bagi pembuat konten tulisan (blog / situs), namun Google setidaknya masih membatasi dalam jumlahnya.

Hasil pencarian google masih sangat bergantung pada Kata Kunci (Keyword) yang digunakan atau diketikkan di mesin pencari serta kemiripannya dengan judul video YouTube yang digunakan YouTuber.

Seperti kuta tahu bahwa konten tulisan masih bisa serta cocok menggunakan kata kunci panjang untuk mempertahankan posisi artikel di pencarian google, sedangkan judul video di YouTube lebih cocok memakai yang pendek tetapi heboh guna mendatangkan penonton.

Kesimpulannya

Google masih akan tetap memprioritaskan konten tulisan dari blog/situs di hasil pencarian Google, sedangkan untuk konten video dari YouTube juga akan mempunyai tempatnya tersendiri di pencarian google.

Langkah google ini menurut saya adalah sebuah pilihan terbaik untuk Google (bila hal itu dilihat dari kaca mata pengguna).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apakah Google Akan Lebih Memprioritaskan Youtube dibanding Blog di Percarian?"

Post a Comment