Apa Itu ClickBait


Instan Blogging - Pada artikel kali mimin instanblogging akan membahas tentang "Apa itu Clickbait". Adapun disini akan dijelaskan tentang pengertian clickbait, contoh praktik clickbait, manfaat clickbait, serta bahaya penggunaan clickbait bagi konten kita.

Pengertian Clickbait
Clickbait adalah gabungan dari kata click and bait yang memiliki arti klik dan pancing

Jika kedua kata tersebut digabungkan maka menghasilkan kata yang memiliki arti baru yaitu memancing orang untuk mengklik.

Biasanya clickbait memiliki tampilan luar yang menarik serta menggugah hati orang untuk mengklik video atau sebuah halaman konten. 

Biasanya trik ini digunakan guna meningkatkan views walau tidak direkomendasikan sebab clickbait biasanya menimbulkan kekecewaan bagi pengunjung karena konten video yang ditampilkan tidak seperti yang diharapkan seperti yang ada di thumbnail video

Sebenarnya teknik clickbait sekedar memainkan rasa penasaran seseorang, dimana hakikat manusia itu makhluk yang suka penasaran, dan rasa penasaran inilah yang dimanfaatkan untuk meningkatkan pemasaran suatu konten karena mereka melihat sesuatu yang menarik.

Teknik clickbait bisa juga disebut sebuah seni untuk menarik tontonan audiens dengan menggunakan thumbnail atau judul yang bombastis tetapi kurang relevan dengan isi yang ada dalam video atau konten tersebut, sehingga meningkatkan impresi pada suatu konten daring.

“Lhooo? Kok clickbait disebut seni?

Yap begitulah, clickbaiting adalah art, coba saja lihat kanal - kanap youtube populer bisa dipastikan semua thumbnailnya pasti menarik buat diklik. Namun tidak semua pemancing dapat membuat umpan yang selalu dimakan, nah disitulah letak seninya.

Karena penggunaan teknik clickbait yanh memberi efek penasaran, clickbait biasanya digunakan untuk representasi dari misinformasi yang terselubung, hehehehe. Banyak youtuber terkenal memakai ‘seni’ clickbait ini walaupun Youtube melarangnya.

Dalam salah aturan youtube disebutkan bahwa dilarang menggunakan Metadata atau Thumbnail Menyesatkan. Hal itu meliputi Menggunakan judul, thumbnail, deskripsi, atau tag guna menipu pengguna agar percaya terhadap konten yang ternyata bukan konten yang dimaksud.

Berikut ini beberapa contoh clickbait mungkin yah. 
Apa Itu ClickBait Kimi Hime
Apa Itu ClickBait
Thumbnail Video Kimi Hime yang dinilai Clikbait
Thumbnail Video Kimi Hime yang dinilai Clikbait

Eh Pas diklik isinya malah 😅. “Watdefak, gua tertypu ternyata”.

Mungkin itu kira - kira hasil dari penggunaan thumbnail video clickbait. Semoga artikel dari instanblogging ini dapat menjelaskan mengeai apa itu clikbait.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Itu ClickBait"

Post a Comment