Ingin Menjadi Youtuber dan Menghasilkan Uang dari Google Adsense? Begini Caranya


Instanblogging - Ada banyak cara yang bisa sobat pilih untuk menghasilkan uang, entah itu sebagai penghasilan utama maupun penghasilan tambahan. Sejalan dengan semakin berkembangnya teknologi yanh semakin canggih terutama di bidang internet saat ini alternatif nya pun semakin banyak dan beragam salah satunya adalah mengahsilkan uang dari Google Adsense. Jika belum tahu tentang apa itu google adsense? Dan bagaimana sobat bisa dibayar oleh adsense bisa baca artikel kami sebelumnnya ini:
Ingin Menjadi Youtuber dan Menghasilkan Uang dari Google Adsense? Begini Caranya
Ingin Menjadi Youtuber dan Menghasilkan Uang dari Google Adsense? Begini Caranya
Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari google adsense? 

Siapapun dapat melakukan hal apapun untuk mendapatkan uang dari Google Adsense loh sob, mulai dari membuat aplikasi android, membuat blog atau bisa juga dengan seperti yang kita bahas di artikel kita kali ink yaitu dengan menjadi seorang Youtuber.

Mungkin untuk sebagian orang yang belum mengetahui apa sih Youtuber itu serta apa yang mereka lakukan hingga di bayar oleh google. Namun percaya tidak percaya, menjadi seorang youtuber bisa membuat seseorang menjadi jutawan bahkan milliarder.

Oh iya, youtuber sendiri merupakan istilah untuk menyebut seseorang yang membuat konten kreatif di channel YouTube secara konsisten sob.

Ada banyak youtuber sukses di Indonesia yang bisa anda jadikan refrensi, yang paling fenomenal karena subscribernya sudah lebih dari 10 juta serta sudah sudah mendapatkan Diamond Play Button adalah Ria Ricis dengan channel youtube Ricis Official dan Atta Halilintar dari gen halilintar. Penghasilan Atta Halilintar dan Ria Ricis dari Youtube tahun 2019 sudah menyentuh ratusan juta perbulan loh sob, bagaimana menggiurkan bukan?.

Kalau sebelumnya, YouTube hanya dijadikan sebagai hobi atau sambilan semata, melihat kisah - kisah sukses yang ada serta semakin banyak millenials yang lebih suka menonton youtuba daripada TV hingga muncul istilah "Youtube lebih dari TV" membuat semakin banyak Youtuber baru yang bermunculan dengan konten yang semakin beragam mulai dari cover lagu, video prank, video masak - masak, video tutorial, video games, atau vlog jalan - jalan dan liburan mewah hingga drama percintaan raky dan indy pun nyatanya menarik pentonton youtube.

Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense untuk Youtuber

bagaimana cara mendapatkan uang dari Google Adsense bagi sobat instanbloghing yang ingin menjadi Youtuber?

Menjadi seorang Youtuber saat ini sudah menjadi keinginan banyak orang, ga percaya coba saja tanya kepada anak SD atau SMP apa cita - cita mereka pasti ada yang menjawab "ingin menjadi Youtuber". Hal itu tidak lain adalah agar dapat menghasilkan uang dari internet selain juga untuk meraih popularitas bagi sebagian kalangan sih, ya apapun alasannya it's no problem.

Tapi tahu tidak sobat kalau mendapatkan uang melalui YouTube ini tidak bisa didapat secara instan loh. Ada perjuangan yang harus di lakukan untuk dapat menikmati dollar adsense dari youtube. 

Berikut ini adalah 5 syarat cara mendapatkan uang dari Google Adsense untuk Youtuber, sebagaimana dikutip dari TunaiKita.

1. Tidak Menggunakan Tools Sub4Sub

Semakin beratnya syarat yang diminta oleh pihak google bagi konten kreator yang ingin menghasilkan uang lewat youtube membuat orang memunculkan ide - ide baik itu yang diperbolehkan ataupun kecurangan untuk main akal - akalan dengan pihak google. 

Tetapi satu hal yang perlu kita pahami bahwa melakukan sebuah perbuatan kecurangan tentu akan menimbulkan dampak yang buruk. Seperti halnya sub4sub demi memenuhi syarat minimal jumlah subscriber, nyatanya hal tersebut dilarang karena peraturan baru di Youtube melarang untuk sub for sub.

Sub for sub adalah sebuah kegiatan mengemis subscriber dari sesama youtuber dengan cara meminta untuk di subscribe dan sebagai gantinya yang bersangkutan akan subscribe balik. Bukan hanya dengan komentar sub for sub, menggunakan tools atau aplikasi sub for sub tentu dilarang pula karena syarat untuk menghasilkan uang salah satunya adalah tidak menggunakan tools sub for sub.

2. Memiliki 1.000 Subscriber

Nah point perrama diatas itu berkaitan dengan syarat ini, jadi jika sobat ingin membuat channel YouTube dan menghasilkan uang makan minimal sobat harus memiliki 1.000 subscriber.

Perlu ditekankan bahwa subscriber yang didapat haruslah asli dan tidak boleh menggunakan sub for sub seperti yang sudah dijelaskan di atas. Berat memang, namun banyak cara yang bisa anda lakukan kok untuk mendapatkan 1000 subscriber pertama di Youtube.

Salah satu nya adalah dengan membuat konten yang orisinil dan bukan konten upload ulang yang berkulaitas serta berdampak besar bagi yang menontonnya. Saran satu lagi, fokus pada satu niche video atau topik juga disarankan untuk menaikan relevansi sehingga kemungkinan channel anda mendapatkan banyak subscribe semaiin besar.

3. Memiliki 4.000 Watchtime

Selain memiliki 1.000 subscriber yang bukan dari sub4sub, syarat lainnya dari google adsense untuk menjadi mitra adalah channel YouTube juga harus memiliki 4.000 watch time atau jam tayang. Watchtime ini didapat dari hitung jumlah seberapa lama orang menonton video yang sudah diunggah pada channel yang dibuat.

Untuk mendapatkan angka watchtime tersebht, sibat bisa mengakalinya dengan mengunggah video yang memiliki durasi panjang. Video berdurasi panjang contohnya adalah konten podcast atau konten bincang-bincang dengan seseorang.

Selain itu, untuk para Youtuber gaming dengan melakukan live streaming juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan banyak watchtime.

4. Tidak Melakukan Spam Komentar

Agar dapat menghasilkan uang dari Google Adsense sobat juga tidak boleh melakukan spam komentar. Apa itu spam komentar?, jadi spam atau spamming adalah sebuah kegiatan di internet yang sifatnya mengganggu karena spam bisa juga dianggap sebagai sampah.

Melakukan spamming subscribe di channel YouTube orang lain akan dapat menghambat channel YouTube sobat untuk menghasilkan uang. Oleh karenya, tidak melakukan spamming menjadi salah satu syarat cara mendapatkan uang dari Google Adsense untuk Youtuber.

Contoh spamming ini bisa juga disamakan seperri blogwalking yang dilakukan oleh para blogger di zaman dahulu. Kegiatan tersebut tentunya dianggap spam sehingga kegiatan seperti itu dilarang oleh YouTube.

5. Akun Youtube Terverifikasi
Untuk bisa menghasilkan uang melalui Youtube, akun youtube sobat harus sudah terverifikasi dengan cara melakukan verifikasi melalui nomor telepon. Selain itu juga melakukan verifikasi melalui smartphone untuk menghidupkan beberapa fitur dari YouTube menjadi syarat penting untik dilakukan. Tujuan dari hal ini tentu agar channel YouTube bisa menjadi sumber penghasilan.

Hal itu sudah menjadi hal yang wajib dilakukan untuk sobat lakukan agar dapat menghasilkan uang melalui YouTube. Pastikan saat melakukan verifikasi, gunakan nomor sobat yang selalu aktif agar dapat menerima pesan verifikasi kode ketika login.

Itu di syarat - syaratnya, apakah sobat masih ingin menjadj youtuber setelah mengetahuinya? jika sobat tetap ingin memulai menjadi seorang Youtuber serta ingin mendapatkan banyak subscriber salah satu yang bisa adalah dengan membuat konten - konten yang bagus atau berkualitas dan memberikan dampak bagi penonton.

Mencari uang melalui YouTube tentu bukan hal mudah. Ada beberapa syarat dari Google Adsense Youtube yang harus sobat dipenuhi. Setelah memenuhi syarat dan beberapa cara di atas, nantinya pengajuan Adsense sobat baru bisa diterima oleh pihak YouTube yang tentunya melalui proses review terlebih dahulu dari pihak youtube. Dimana lama waktu review channel youtube untuk google adsense ini bervariasi.

Cara Mendaftarkan Google Adsense

1. Buat Akun Gmail

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah membuat akun Gmail sebab YouTube dan Adsense merupakan produk dari Google dan hanya dapat diaksea dengan akun google atau gmail. Jika sobat sudah memiliki alamat e-mail dan akun Google, maka sobat bisa menggunakannya untuk masuk ke semua produk layanan dari Google.

2. Daftarkan Diri Ke YouTube

Setelah memiliki akun Gmail, langkah selanjutnya adalah membuat akun YouTube. Yang lerlu anda hanya tinggal klik YouTube, kemudian pilih login bila sudah memiliki akun atau klik sign up jika belum mempunyai akun YouTube.

3. Masuk pada Pengaturan Video Manager YouTube

Selanjutnya anda bisa masuk pengaturan video manager yang ada pada akun youtube anda. Kemudian akan muncul di gambar bagian pojok kanan atas digambar profil, lalu cari dan klik ‘Creator Studio’. Selanjutnya akn muncul tampilan ‘Buat Saluran’. Silahkan buat slauran anda sesuai dengan yang anda inginkan.

4. Upload Video
Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan upload video di akun YouTube / channel anda minimal tiga hingga lima video. Ingat ya sob, sebaiknya gunakan video asli buatan anda sendiri bukan hasil reupload dan buatlah konten yang menarik agar banyak yang menyukai dan subscribe. Ketika meng-upload video anda juga harus memperhatikan untuk memberi judul video dan deskripsi video serta tags yang sesuai dengan video yang sedang anda upload ini kaitannya SEO Video Youtube yang akan membuat video anda gampang ditemukan dan banyak yang menonton.

5. Aktifkan Monetasi YouTube

Pilih menu ‘Creator Studio’, lalu masuk ke menu ‘Saluran - Status dan Fitur’. Disana terdapat kolom ‘Monetisasi’ kemudian pilihlah ‘Aktifkan’.

Berilah tanda checklist pada semua kolom pada kotak yang tersedia, kemudian klik ‘Saya Setuju’. Beri tanda checklist juga pada kolom kotak dan klik ‘Monetisasi’.

Sampai disini anda hampir selesai membuat akun adsense dan video yang ada di channel anda sedang dalam tahap peninjauan oleh pihak Google Adsense.

6. Kaitkan Adsense YouTube

Setelah mengaktifkan fitur monetisasi anda harus menautkan channel anda ke akun Google Adsense dengan klik ‘Monetisasi’, lalu klik ‘Bagaimana Saya akan Dibayar’ selanjutnya klik ‘Mengaitkan Akun Adsense’. Lalu anda bisa klik pilihan ‘Berikutnya’. Kemudian lakukan pengisian data, disini data yang anda buat harus sebenar-benarnya jangan sampai asal isi data saat mendaftar Adsense di Youtube ya. Selanjutnya pilih ‘Kirim Permohonan Saya’.

7. Pasang Unit Iklan di YouTube

Setelah langkah diatas, anda akan menerima e-mail mengenai status pengajuan kurang lebih dalam waktu seminggu (kalau saat ini ada beberapa kasus yang memakan waktu lebih lama). Intinya jika pengajuan permohonan Adsense anda diterima, maka akan mendapat surat pemberitahuan yang dikirim ke alamat e-mail.

Selamat menikmati penawaran terbaik dari Google

Mendapatkan penghasilan dari Google Adsense bukan sesuatu hal yang mustahil sob. Asal sobat melakukannya dengan tekun, konsisten maka anda dapat menikmati keuntungannya. Selamat mencoba!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ingin Menjadi Youtuber dan Menghasilkan Uang dari Google Adsense? Begini Caranya"

Post a Comment