Teknik / Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense dengan CPC

Instan Blogging - Hallo sobat Blogger Indonesia, lama juga yah ga update artikel karena memang kerjaan di dunia nyata lagi rada gak selow jadi baru bisa update sekarang. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang teknik atau cara meningkatkan pendapatan adsense dengan CPC atau singkatnya cara meningkatkan CPC Adsense.

Teknik / Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense dengan CPC
Teknik / Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense dengan CPC
Sebelum itu ada sebuah pertanyaan begini "Kenapa CPC selalu naik turun, kok kayaknya terima pasrah ya? sebenarnya apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan CPC?". Ada diantara sobat Instan Blogging yang berfikir demikian? nah disini saya akan coba menjabarkan sedikit berdasarkan yang saya tau ya. Jadi:

CPC Adsense naik turun itu memang sulit untuk dikontrol karena sangat tergantung pada permintaan pengiklan / advertiser, nah hal inilah yang biasa menjadi penyebab CPC Adsense naik turun tergantung musim.

CPC Adsense biasanya naik pada akhir quarter, akhir tahun, musim liburan, serta perayaan - perayaan penting seperti Ramadhan, Natal, dll.

Maka dari itu untuk meningkatkan revenue Adsense atau meningkatkan pendapatan adsense lebih disarankan untuk fokus ke CTR dan Impresi.

Meski demikian, bukan berati tidak ada yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan CPC Adsense ya sob. Masih bisa, simak beikut ini adalah Tips Meningkatkan CPC Adsense 2018:

1. How To Increase CPC Adsense: Use the best performing Ad Size

Cara meningkatkan CPC Adsense yang pertama adalah dengan memilih ukuran iklan / Ad Size dengan performa terbaik. Cara mengamatinya dengan Buka dashboard Adsense kemudian pilih Performance report, lalu pilih Advanced report dan terakhir pilih Ad size. Dari situ anda bisa melihat ukuran iklan Adsense terbaik anda yang mana.

Pastikan anda menggunakan ukuran iklan berkinerja terbaik, ini dapat mengarah ke BPK dan RKT yang lebih baik. Kebanyakan ukuran adsense yang optimal adalah 728x90, 336x280, 160x600, dan Spanduk seluler 320x100. Selain itu anda juga dapat melakukan manual responsif dengan ukuran di atas.

Anda juga bisa membaca tautan ini untuk mengetahui Ukuran iklan Adsense terbaik: https://support.google.com/adsense/answer/17955

2. How to Increase CPC: Opt in to both text and display

Cara meningkatkan BPK Adsense kedua adalah mengatur type Adsense text dan tampilan.

Cara mengaturnya bisa dengan cara buka dashboard Adsense anda lalu buka My Ads, pilih Ad Units, Kemudian pilih New Ad Unit lalu klik Ad Type silahkan pilih jenis iklan Text & Display Ads.

Keuntungan jika anda menerapkan menampilkan kedua jenis iklan tersebut adalah semua pengiklan yang tersedia dapat mengajukan tawaran untuk menampilkan iklannya di situs anda. Dengan menampilkan iklan teks dan iklan bergambar, anda dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan Adsense.

Untuk membaca lebih lengkap terkait pemilihan Ad Type atau Jenis iklan Adsense yang ditampilkan di situs anda bisa lihat di tautan ini: https://support.google.com/adsense/answer/30629

3. How to increase CPC: Be selective about blocking

Cara meningkatkan CPC Adsense yang ketika adalah dengan lebih selektif dalam memblokir iklan adsense. 

Langkah / Cara memblokir iklan Adsense yang tidak di inginkan adalah dengan cara: Buka Dashboard adsense anda lalu pilih menu Allow & block ads, kemudian pilih content, pilih All my sites Advertiser URL & general / sensitive categories.

Dalam melakukan pemblokiran, pastikan anda tidak memblokir iklan apa pun yang tidak anda perlukan. Karena, jika anda memblokir terlalu banyak pengiklan, jaringan iklan, umum atau kategori sensitif, ini dapat menurunkan BPK karena akan ada lebih sedikit pengiklan dalam penawaran lelang di anda inventaris.

Sekedar tips nih buat sobat agar jangan memblokir iklan dari play.google.com.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut bisa klik tautan:  https://support.google.com/adsense/answer/180609

4. How to increase CPC: Have good content

Cara keempat meningkatkan CPC / BPK Adsense adalah dengan membuat konten yang bagus, konten yang menarik, konten yang bermanfaat dan / atau konten yang banyak di cari. Ini adalah kunci utamanya sih kalau menurut saya. Mungkin sobat blogger sering mendengar atau membaca kalimat "Konten Is King", ya that's true. Untuke mendapatkan penghasilan Adsense yang banyak anda harus memiliki banyak konten berkualitas sehingga blog atau website anda banyak mendapatkan kunjungan.

Pastikan bahwa halaman anda penuh dengan konten yang menarik. Semakin banyak informasi berbasis teks yang anda berikan kepada perayap google maka semakin mudah bagi sistem Google untuk menentukan apakah halaman anda baik dan semakin besar relevansi iklan Google untuk situs anda tentunya.

Ada 3 keuntungan jika halaman anda memiliki banyak konten berkualitas seperti yang saya bilang sebelumnya "content is King":

a. Halaman kaya konten = Iklan bertarget tinggi
b. Iklan yang sangat bertarget + Pengguna yang berminat = Rasio klik-tayang & konversi yang sehat
c. Klik-tayang & konversi yang sehat = Sukses! (Pendapatan Adsense tinggi).

Untuk belajar lebih banyak tentang konten berkualitas bisa buka laman berikut ini: https://support.google.com/adsense/answer/81554?hl=en&ref_topic=1628432

5. How to increase CPC: Make sure you can receive targeted ads

Cara meningkatkan CPC Adsense yang kelima adalah dengan memastikan bahwa anda dapat menerima iklan bertarget.

Ada 4 Kesalahan blogger teratas yang membuat mereka tidak mendapatkan iklan bertarget:
1) Situs web tidak dapat dirayapi: awas untuk pesan kesalahan
2) Laman Anda mengandung tag penyegaran
3) Kode Adsense dimasukkan dalam IFRAME
4) Kode iklan Anda telah dimodifikasi

Untuk info lebih lanjut bisa lihat di laman: Https://support.google.com/adsense/answer/161355

6. How to increase CPC: Go global

Apa sih yang dimaksud go global dalam dunia Adsense?, jadi anda di harapkan dapat membuat konten lintas negara, lintas benua, dll. sehingga target pengunjung anda semakin meningkat ditambah lagi CPC untuk Indonesia terbilang kecil dibandingkan dengan negara - negara lain di eropa misalnya. Caranya? buat konten yang bisa go international salah satunya dengan menggunakan bahas inggris. Mungkin anda sudah pernah dengar istilah "Blog Bule" nah kira - kira seperti itu buat lah website atau blog bule.

Cara mengecek bahwa laman anda sudah go global bisa dilihat di Dashboard Adsense dengan membuka menu Performance reports kemudian pilih Common report lalu pilih Countries. Jika hasilnya kunjungan anda berasal dari berbagai negara itu artinya anda sudah berhasil go Global.

Manfaatnya lainnya adalah anda bisa mengidentifikasi negara nilai teratas dapat memberi Anda wawasan atau ide negara mana yang perlu dikembangkan, karena lebih berkembang negara umumnya memiliki BPK lebih tinggi karena lebih matang pasar iklan.

6. How to increase CPC: Pursue high value vertical

1) Pengiklan akan membayar lebih tinggi untuk pengguna yang "lebih berharga"
2) Beberapa vertikal dapat menarik lebih banyak pengguna nilai yang lebih tinggi
3) Dan dengan demikian: vertikal tertentu memiliki BPK nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain.

Mungkin itu saja sharing mengeani Adsense kali ini dengan bahasan "Teknik / Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense dengan CPC" semoga bermanfaat jika ada saran ata pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Teknik / Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense dengan CPC"

Post a Comment