8 Tips Memulai Menjadi Seorang Travel Blogger

Instan Blogging - Hi sobat blogger pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menjadi travel blogger, bagaimana memulainya?. Disini saya menyadur twitt @Emak2Blogger yang berjudul "How to start a travel blog from scratch by @emak2blogger" sekaligus dengan beberapa tambahan dari saya.

Tips blogger ini akan sangat bermanfaat terutama untuk siapa saja yg ingin memulai ngeblog dengan niche travel.
8 Tips Memulai Menjadi Seorang Travel Blogger Sukses
Travel Blogger - Jalan Jalan Dibayar, Mau?
Cara menjadi seorang travel blogger sebenarnya sama saja dengan memulai blog biasanya atau blog dengan niche lainnya, tetapi bedanya disini ketika sobat menentukan niat memulai travel blogger maka dari awal niche / sasaran kita dari awal sudah ditentukan sehingga ada beberapa hal maupun strategi yang perlu diperhatikan. Hal ini bermanfaat agar travel blog sobat dapat konsisten dan tepat sasaran.

Tips #1. Pilih nama blog yang unik dan mudah diingat.
Meski terkesan gampang dan sepele namun nama blog perlu dipikirkan dengan baik, hal ini terkait dengan branding blog anda dimata pembaca. Pernah dengar The Naked Traveller?, kira - kira seperti itulah nama blog yang harus sobat pikirkan "Unik, Mudah di ingat, dan kalau bisa SEO / terdapat keyword di dalamnya".

Namun cobalah untuk mencari nama blog selain yang mengandung kata - kata "travels", "wandering", "backpacking", "nomadic", dan "adventurous" dan lain sebagainya yang mainstream di dunia travel blogger. Alasannya kalau kata travel blogger senior sih kata - kata tersebut sudah overused / sudah banyak sekali digunakan. Artinya apa? persaingannya ketat bro . . . . 

Cobalah cari nama lain serta berpikirlah long term seperti jangan memakai nama "traveler 20 something". Karena kalau seperti itu akan membuat kita "terjebak" pada rentang usia 20an. Nantinya sobat tidak bisa mengembangkan diri semisal ada peluang kerja sama tetapi untuk demografi usia 30-an. Selai itu juga jangan memakai nama yang akan membatasi diri sendiri menggunakan "backpacker", kenapa kata - kata ini dapat membatasi diri kita karena mau nggak mau harus membuat konten terkait backpacking. Padahal realitanya bisa saja sobat dapat tawaran untuk menginap di hotel bintang 5, seperti itulah kira - kira.

Tips #2. Pilih Platform Blog
Memilih platform blog sama kayak memilih pasangan, jadi harus klik baik secara teknis maupun non teknisnya walaupun disini ada faktor selera juga sih. Ada banyak penyedia blog gratis maupun berbayar, ada blogspot, wordpress, tumblr dsb. Untuk yang terakhir kayaknya jangan dulu deh yah karena Tumblr sudah susah diakses lagi. Say goodbye dulu untuk yang blognya menggunakan Tumblr.

Sobat dapat memilih blogspot atau wordpress ataupun yang lainnya dengan pertimbangan kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Pertimbangkan dengan baik dari segi tampilan, fitur, kesesuaian dengan tujuan sobat ngeblog, dan faktor lainnya pastikan benar - benar klik.

Kalau saya sendiri masih menggunakan blogspot, alasannya karena selain gratis juga dapat dipakai untuk Google Adsense.

Tips #3. Rancang Navigasi Blog
Navigasi blog akan sangat membantu pengunjung untuk menemukan konten yang ingin dia cari, selain itu navigasi yang bagus dan rapi juga dapat menaikkan pageview blog kita loh sobat sehingga jangan disepelekan yah. Navigasi yang rapi terbentuk dari kategorisasi yang rapi, jadi buat breakdown topik travel blog anda sejak awal. Mau dibagi - bagi berdasarkan apa nih? berdasarkan daerah jelajah? atau cara travelling? atau jenis wisata? atau bisa juga yang lainnya sesuai yang sobat inginkan.

Setelah sudah terbagi ke topik - topik besar, selanjutnya bisa dibreakdown lagi ke masing - masing subtopik. Tetapi, seandainya belum bisa dibagi lagi ke dalam subtopik juga tidak masalah yang penting sudah ada topik - topik besarnya dulu karena sambil jalan seiring dengan pengembangan blog akan ketemu kok ritme dan navigasi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain topik, sobat juga jangan melupakan menambahkan about me, disclaimer dan laman - laman yang perlu lainnya.

Tips #4. Siapkan Konsep Sosial Media
Disini kaitannya dengan content marketing / mencari pembaca dan pengunjung blog. Sobat harus memilih media sosial apa yang sesuai dan ingin sobat pakai sebagai penunjang travel blog sobat. Untuk saat ini sih sepertinya Instagram masih jadi primadona yah untuk travel blogger.

Selain Instagram bisa juga dikombinasikan dengan twitter, facebook, dll. Sobat bisa melakukan manajemen waktu yang baik dalam promosi blog sehingga didapatkan hasil yang maksimal.

Tips #5. Temukan Gaya Bahasa Anda Sendiri
Gaya bahasa disini yang membuat seorang blogger menjadi unik. Si A membahas artikel topik dan bahan yang sama dengan si B tetapi ketika dijadikan sebuah konten di blog masing - masing hasilnya bisa berbeda 180 derajat. Kenapa?, ya karena gaya bahasa itu tadi yang membuat unik. Gaya bahasa disini juga yang membuat istilah re-writing dalam membuat konten blog muncul.

Tips #6. Investasi Untuk Foto Terbaik
Selain sebuah cerita, kekuatan dari sebuah travel blog adalah foto. Sehingga jangan melupakan untuk berinvestasi agar dapat menghasilkan foto yang baik sehingga menarik orang untuk membaca.

Eits kata Investasi diatas bukan berarti harus membeli kamera canggih tingkat dewa kayangan atau smartphone flagship terbaru yang harganya setara sebuah sepeda moto, BUKAN!.

Kamera perlu tapi yang cukup saja, kalau budget terbatas bisa menggunakan smartphone atau camdig karena sekarang banyak kok yang harganya murah dengan hasil yang cukup menjanjikan. Lebih pentinga dari itu anda juga harus berinvestasi waktu, tenaga dan pikiran untuk belajar photography hingga editing. Pernah dengan istilah "the man behind the gun", istilah ini sepertinya cocok untuk menggambarkan point yang satu ini.

Tips #7. Temukan Networking yang Tepat
Ada banyak sekali komunitas baik blogging maupun travelling yang dapat kita ikut gabung. Ikut dalam sebuah komunitas disini bermanfaat untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar dunia traveling sob.

Tips #8. Update Tempat Baru Yang Sedang Happening
Usahakan untuk selalu update tempat - tempat baru yang lagi happening atau yang lagi kekinian ataupun tempat - tempat menarik yang belum banyak dikunjungi tetapi memiliki prospek jika banyak orang tahu tempat tersebut.

Kesimpulannya:
Ada banyak cara, strategi dan tips sukses untuk menjadi seorang travel blog tetapi ujungnya bermuara ke diri anda sendiri akan memilih yang mana. Usaha dan cara terbaik akan selalu menghasilkan hasil terbaik, happy blogging.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Tips Memulai Menjadi Seorang Travel Blogger"

Post a Comment