CPC AdSense Bulan Januari Turun Drastis, Kenapa?

Instan Blogging - Mengawali tahun 2018 nilai BPK / CPC Ancurrrr terjun bebas pada bulan Januari 2018, Pasti sobat blogger / publisher AdSense banyak sedang merasa resah serta gelisah karena CPC AdSense-nya tak kunjung meningkat setelah adanya penurunan drastis sejak awal bulan Januari.

Tidak sedikit yang masih kebingung dan tidak habis pikir kenapa CPC AdSense turun hingga menjadi semengenaskan saat ini.

Mungkin dengan sedikit penjelasan sesuai dengan apa yang saya tahu tentang penyebab kenapa CPC AdSense bisa turun secara drastis seperti ini.
CPC AdSense Bulan Januari Turun Drastis, Kenapa?
Screenshoot google adsense CPC terjun bebas
Pertama bahwa fenomena CPC AdSense menurun di Bulan Januari Adalah sesuatu yang  Normal.
Tentu untuk sobat blogger yang sudah menjadi publisher AdSense sejak bertahun-tahun lalu pasti tahu kalau CPC AdSense turun di bulan Januari adalah sesuatu yang sudah biasa terjadi.

Sehingga untuk sobat yang baru mengalami hal ini pertama kali, mulai saat ini tidak perlu resah serta gelisah karena penurunan CPC AdSense ini selalu terjadi setiap tahun dan hampir semua publisher AdSense mengalaminya.

Lalu apa sih yang  menjadi penyebab CPC Adsense turun drastis di bulan januari? 

Faktor penyebab CPC AdSense menurun pada Bulan Januari adalah karena bulan Januari bukanlah bulan yang bagus untuk pemasang iklan. Alasannya adalah karena banyak orang / perusahaan yang sudah menghabisakan uangnya pada bulan Desember.

Mungkin sobat mengetahui bahwa pada bulan Desember ada yang namanya Hari Belanja Nasional, Hari Natal, serta Perayaan Tahun Baru. Menjadi hal yang wajar jika banyak orang menghabiskan banyak uang mereka di bulan tersebut.

Karena alasan diatas, pada bulan januari pemasang iklan di Google AdWords akan melakukan beberapa hal dibawah ini sebagai strategi keuangan mereka:

1. Menurunkan Budget Iklan Harian

Pemasang iklan di Google AdWords bisa menentukan anggaran harian yang akan mereka habiskan untuk iklan yang mereka pasang.

Misalnya jika di bulan-bulan biasa seorang pemasang iklan menetapkan budget iklan harian  Rp1 juta, bisa jadi di bulan januari menurunkan nilainya menjadi 500ribu atau hanya setengahnya saja.

Hal ini akan menyebabkan iklan jarang ditampillan pada situs-situs yang terdaftar pada Google AdSense.

Prinsip dasar perhitungan pendapatan iklan google adsense adalah semakin sedikit jumlah iklan yang ditampilkan maka semakin rendah pula harga lelang iklan. Semakin rendahnya harga lelang iklan tentunya akan membuat CPC AdSense menjadi rendah.

2. Menurunkan Harga Lelang Iklan

Selain menurunkan budget iklan harian, pemasang iklan di Adwords juga dapat menurunkan nilai maksimal CPC bid dari iklan yang mereka pasang.

Max CPC bid di sini adalah harga maksimal mereka mau bayarkan untuk setiap klik iklan yang mereka pasang.

Misalnya pada bulan-bulan biasa para pemasang iklan menentukan nilai max CPC bid sebesar Rp2000, maka pada bulan Januari mereka dapat menurunkannya menjadi hanya Rp1000 saja bahkan lebih rendah.

Nah nenurunan nilai max CPC bid ini salah satu faktor yang secara langsung berdampak pada menurunnya CPC AdSense.

3. Menonaktifkan Kampanye Iklan Adwords Mereka

Selain 2 strategi diatas ada sebagian pemasang iklan adwors yang tidak hanya sekedar menurunkan budget harian ataupun menurunkan harga lelang iklan tetapi sampai menonaktifkan kampanye iklan di Google AdWords.

Jika begini artinya pemasang iklan tidak memasang iklan sama sekali pada bulan januari.

Tentunya sobat tahu kan apa yang akan terjadi? yang jelas jumlah iklan yang tersedia akan semakin sedikit. Semakin sedikitnya jumlah iklan yang tersedia inilah yang turut membuat harga lelang iklan semakin rendah. Imbas semakin rendahnya harga lelang iklan maka semakin rendah CPC AdSense.

Kesimpulannya adalah mulai saat ini sobat tidak perlu bingung dan bimbang lagi karena CPC AdSense menurun adalah hal yang normal apalagi sampai patah semangat untuk ngeblog hingga berhenti. Pada dasarnya di dunia blogging patah semangat ngeblog lebih mengerikan daripada rendahnya klik CPC Adsense (BPK adsense).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CPC AdSense Bulan Januari Turun Drastis, Kenapa?"

Post a Comment