Apa Itu Youtube Network?

Instan Blogging - Youtube Network adalah sebuah dari youtube kepada beberapa pihak tertentu untuk membantu para pembuat konten youtube atau yang biasa disebut dengan istilah youtubers terkait berbagai hal mulai dari monetisasi, promosi  konten hingga membantu penanganan terkait hak cipta konten di situs YouTube. Terlepas dari hal itu, setiap Youtube Network memiliki kebijakan proram masing - masing yang mana hal itu tertuang dalam kontrak/kesepakatan kerjasama yang harus anda tanda tangani sebelum bergabung.

Namun, ketika anda akan memutuskan dalam jaringan Youtube Network anda harus mengerti beberapa hal yang akan saya jelaskan ini. Jadi, bisa dikatakan bahwa youTube Network ada beraneka ragam jenis apalagi diluar negeri. Namun jika digolongkan berdasarkan sistem kerjanya setidaknya ada 4 jenis Youtube Network.

Apa Itu Youtube Network?
1. Multi-channel Network (MCN) 
2. Incubator Multi-channel Network (MCN)
3. Virtual Network/Proprietary Network (VN/PN)
4. Content Aggregator (CA)

Berikut ini penjelasannya satu persatu:

1. Multi-channel Network (MCN)
MCN adalah sebuah jenis youtube network yang sifatnya berdiri sendiri, artinya jaringan MCN memiliki kendali penuh atas akses dari managemen jaringannya. Dan lagi MCN ini tidka berada dibawah kendali sub-MCN lainnya. 

Jika anda akan bergabung dengan MCN sebainya pikirkan baik-baik antar untung dan rugi jika bergabung dengan MCN. Pelajari aturan serta isi kontrak kerjasama dari MCN yang akan anda ikuti. Dikutip dari bantuan youtube bahwasanya bergabung dengan sebuah MCN atau tidak merupakan sebuah keputusan penting. Shingga, ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu sebelum anda membuat keputusan yang cocok dengan atau tanpa MCN, jika dengan MCN pikirkan lagi MCN mana yang sesuai dengan anda. Lakukan penyelidikan terhdap rekam jejak MCN dengan saksama lalu evaluasi apa - apa saja manfaat jika anda bergabung dengan MCN dibandingkan denga kewajiban yang harus anda penuhi ke pihak.

2. Incubator Multi-channel Network (MCN):
Incubator Multi-channel Network adalah sebuah sub-network MCN, pada youtube network jenis ini bisa dibilang anak dari MCN. Mungkin ada beberapa orang yang tidak tahu jika mereka sudah tergabung di I-MCN.

Untuk mengetahui anda bergabung dengan I-MCN atau bukan lihatlah darin nama website ataupun channel penyedia dari layanan MCN, Jika saat anda menerima invite youtube network dengan nama berbeda dari nama jaringan yang anda ikuti, sudah dapat dipastikan bahwa itu adalah I-MCN. Namun memang terkadang ada juga beberapa real MCN yang memakai nama berbeda. Biasanya hal ini disebabkan karena permintaan langsung dari pemilik youtube netwok ke pihak Youtube.
  
3. Virtual Network/Proprietary Network (VN/PN):
Network jenis ini memiliki perbedaan terkait hak klaimnya serta akses content ID. Bahkan di network jenis ini, mereka memiliki banyak akun CMS / Content ID. Youtube network ini juga biasanya lebih spesifik terkait pengelolaan konten. Misalnya saja untuk konten music dia akan di kaitkan dengan CMS music, lalu jika konten tersebut termasuk konten entertainment maka akan di kaitkan langsung dengan CMS entertainment.   

Oh iya sob, beberapa dari jaringan VN/PN ini bahkan menawarkan jasa bukan pada revenue sharing saja, namun merambah ke promo, bantuan, hingga tips trik untuk para partners - nya.

4. Content Aggregator (CA):
Content Aggregator (CA) ini merupakan network yang berbeda sendiri dari jenis network yang lainnya. CA biasanya hanya fokus pada  1 genre konten tertentu saja. Misal jika network sport, maka partner yang diterima oleh CA seluruh konten kontenya hanya sport saja. Dan lagi untuk jaringan yang satu ini terkenal sangat selektif dalam urusan memilih partners yang bisa join menjadi CMS mereka.

Terakhir jika akhirnya anda memilih untuk bergabung ke dalam jaringan MCN maka pastikan konten yang adan miliki (buat) sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh network tersebut.

Jadi sudah tahu dong Apa Itu Youtube Network?. Semoga artikel ini bermanfaat :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Itu Youtube Network?"

Post a Comment