Tip Cara Buat Blog yang Bagus

Instan Blogging - Kalau ditanya bagaimana sih "Tip Cara Buat Blog yang Bagus" maka jawabannya adalah relatif, karena setiap orang punya persepsinya masing - masing. Tetapi meski cukup sulit sebenarnya untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan sedikit membagikan persepsi saya tentang bagaimana sih tip cara buat blog yang bagus itu karena banyak sekali orang yang kadang bertanya demikian. Blog yang bagus itu ada beberapa kriteria penilainnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Tip Cara Buat Blog yang Bagus

1. Fast Loading. Blog yang bagus itu harus mudah dan cepat di buka atau di aksesnya, hal ini karena orang akan malas untuk menunggu dan cenderung meninggalkan kemudian melirik blog lain jika blog anda lama terbukanya. Nah salah satu penyebab loading blog lama adalah terlalu banyaknya widget yang terpasang di blog yang sebenarnya tidak perlu - perlu amat.

2. Good looking (Tampilan blog menarik). Tampilan blog yang menarik akan membuat pembaca blog betah untuk membaca dan scrolling di blog anda, tampilan blog yang menarik ini terdiri mulai dari layout yang baik, warna yang menarik dan tidak mengganggu mata, bentuk blog serta menariknya tipografi blog anda.

3. Isi blog menarik, relevan, berbobot dan pantas sesuai taget blog. Setelah membahas aspek teknis di dua point pertama dan kedua, pada poin ketiga ini masuk ke materi bahasan blog atau content blog anda. Isi potingan blog yang bermanfaat bagi pengunjung akan membuat siapapun betah untuk membaca blog anda lama - lama, bahkan dengan tampilan sederhana pun jika isi blog anda berbotot akan membuat blog anda ramai pengunjung.

Tetapi bukan berarti tampilan di abaikan, selain the power of content blog, jika ditambah dengan tampilan menarik kemudian loading blog cepat dan mudah akan semakin menaikkan pamor dari blog anda. Yang perlu di ingat lagi adalah jaga blog anda tetap up to date, karena semakin banyak konten dan semakin terbarukan isi blog anda maka akan membuat banyak pengunjung blog berdatangan.

4. Blog anda harus kompatibel. Artinya disini adalah dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada. Misalnya pada era saat ini yang kebanyakan orang memakai smartphone, maka blog anda harus bisa di akses dan menyesuaikan dengan berbagai jenis platform device yang di gunakan. Ini kaitannya dengan template blog yang anda gunakan, jadi blog anda harus mobile friendly. Untuk tema blog yang sudah mendukung mobile friendly pun sudah banyak kok yang membagikan baik gratis maupun berbayar.

5. Point ke - 5 sekaligus yang terakhir ini adalah poin 1, 2, 3, dan 4 harus dimiliki blog anda. Jadi blog anda harus fast loading agar pengunjung tidak meninggalkan blog anda karena harus menunggu lama, blog anda harus memiliki tampilan yang menarik agar pengunjung betah berlama - lama membaca - baca isi blog anda, blog anda juga harus berisi konten yang menarik, berbobot dan juga bermanfaat serta update sehingga pengunjung yang datang akan kembali datang dan datang lagi, terus blog anda juga harus kompatibel dengan platform yang ada saat ini sehingga pengunjung akan bisa dan nyaman mengunjungi blog anda dengan device apa saja mulai dari dekstop, laptop, tablet, smartphone bahkan hp jadul sekalipun.

Untuk meraih semua hal diatas pada poin 1, 3, dan 4 bisa di siasati dengan mencari template terbaik, banyak penyedia template diluaran sana. Anda cukup mencari melalui google, tulis saja "Template blogger resfonsive, SEO, mobile Friendly gratis" jika anda mencari yang gratisan atau bisa juga search template blog resfonsive mobile friendly terbaik dan berbayar jika anda memiliki budget untuk membeli template karena yang berbayar pasti ada nilai lebihnya. Di blog ini juga saya membagikan beberapa template gratis dari beberapa sumber yang bisa teman - teman gunakan dan bisa anda lihat di navbar Template diatas.

Untuk fast loading blog juga bisa diakali dengan tidak terlalu banyak memasang widget yang kurang bermanfaat karena akan membuat blog anda berat. Selain widget, anda juga harus bijak dalam mengunggah gambar serta video pada setiap postingan anda. Usahakan gambar ataupun video yang anda unggah berukuran kecil sehingga tidak membebani loading blog anda.

Poin 1, 3, dan 4 sudah dibahas kali ini tinggal poin ke - 2 yaitu isi blog. Untuk menjaga agar isi blog berbobot maka anda harus sering membaca dan menggali informasi dari berbagai sumber kredibel untuk membuat konten blog anda. Jika hal itu terasa sulit untuk membuat anda bisa tetap up to date maka anda bisa mensiasatinya dengan mengutip materi bahasan orang lain, tetapi catatannya adalah "SERTAKAN JUGA SUMBERNYA".

Kenapa pada bagian sertakan sumbernya saya ketik full huruf kapital adalah karena untuk menghargai serta memberi kredit kekayaan intelektual orang yang susah payah membuat konten yang anda kutip. Ingat mengutip ya bukan plagiat.

Uhhhh . . .  ternyata sudah panjang lebar ya saya mengocehnya yah :). Mungkin alangkah baiknya saya cukupkan dulu bahasan mengenai "Tip Cara Buat Blog yang Bagus" kali ini, jika ada pertanyaan, kritikan saran dan sanggahan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Happy Blogging :).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tip Cara Buat Blog yang Bagus"

Post a Comment